Transfer Domain ke Registrar yang Baru

Baru-baru ini, saya melakukan transfer salah satu domain ke registrar yang baru. Sebelumnya, domain tersebut saya sewa dari registrar lokal Indonesia. Tapi karena keperluan ini dan itu, akhirnya saya putuskan untuk mentransfernya ke registrar di luar negeri.

Ada bermacam-macam hal yang menjadi pertimbangan sampai akhirnya seseorang memutuskan untuk mentransfer domain. Di antaranya harga yang lebih murah, pelayanan yang lebih baik, atau mungkin memiliki fitur yang lebih baik. Kalau saya pribadi, kali ini saya mentransfer domain untuk mendapatkan fitur mailbox gratis dari registrar yang baru. Daripada harus bayar puluhan USD per tahun hanya untuk email, kan? Kalau anda register domain ke gandi.net, Anda akan mendapatkan 5 akun mailbox gratis, termasuk juga fasilitas POP, IMAP, SMTP, dan webmail-nya.

Kalau di Gandi, ada syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mentransfer domain sebagai berikut:

  • Domain tidak kadaluarsa dalam 14 hari (karena proses transfer bisa berlangsung beberapa hari)
  • Domain yang akan ditransfer sudah terdaftar di registrar sebelumnya selama minimum 60 hari
  • Fitur anti-transfer protection harus tidak aktif
  • Email dari pemilik domain sesuai dengan yang ada pada whois database

Proses yang dibutuhkan untuk mentransfer domain butuh waktu kurang lebih satu minggu. Caranya pun kurang lebih sama dengan mendaftarkan domain baru. Anda tinggal memasukkan domain yang akan ditransfer dan ikuti petunjuk di registrar yang Anda gunakan.

Satu hal yang membedakan transfer domain dengan register domain biasa adalah, Anda akan diminta untuk memasukkan authorization code, atau domain authentication code, atau EPP code. Nah, untuk mendapatkannya, Anda dapat melihat di control panel dari registrar yang lama. Atau, jika tidak tersedia, Anda bisa kontak customer service dari registrar yang sekarang (current registrar).

Syarat ke-empat dibutuhkan karena registrar yang baru akan mengirimkan email ke pemilik domain yang sekarang (current owner) untuk mengkonfirmasi transfer yang dilakukan. Dalam kasus saya, karena pemilik domain tidak berubah, saya pula-lah yang menerima email konfirmasi untuk mengijinkan proses transfer tersebut.

Selanjutnya, biarkan mereka menyelesaikan tugasnya. Pengalaman saya, setelah menunggu tepat tujuh hari, saya menerima email bahwa transfer berhasil dilakukan. Semoga mencerahkan. ;)

2 thoughts on “Transfer Domain ke Registrar yang Baru

Leave a Reply