Sumber Sirah Undewater

Sumber Sirah, Sejenak Mengasingkan Diri dari Kota Malang

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan untuk menikmati salah satu keindahan alam di Sumber Sirah, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Biar Anda langsung pengen dan berangkat, bolehlah tonton video singkat bawah air Sumber Sirah yang saya share di Instagram.

Perjalanan wisata singkat ini dilakukan nyaris tanpa rencana, karena memang baru tau foto-foto Sumber Sirah di Instagram, dan langsung berangkat hanya dengan bermodal HP beserta waterproof case-nya, serta kacamata renang yang biasa saya gunakan. Itung-itung, bosen juga lama-lama keseringan renang di kolam renang. Bolehlah sesekali mencoba sensasi berenang di alam, di kolam renang ciptaan Allah. :D

Perjalanan dari Kota Malang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, hanya sekitar 40 menit. Oya, untuk mencapai lokasinya, memang cukup sulit mengingat tidak ada petunjuk jalan yang jelas menuju arah Sumber Sirah. Lha wong memang Sumber Sirah bukan lokasi wisata kan. Tapi tenang, saya menyiapkan koordinat GPS Sumber Sirah untuk Anda. Koordinat nya adalah -8.122756, 112.620398 atau dapat Anda akses di google maps disini. Kalau dari Kota Malang, Anda dapat berkendara ke arah Bululawang sampai ke Pabrik Gula Krebet. Dari pertigaan itu, lanjutkan perjalanan lurus ke arah pabrik Pioneer, kurang lebih 800 meter dari PG Krebet. Kemudian lanjutkan perjalanan sampai menemui belokan ke kanan yang kedua, sekitar 500 meter setelah pabrik Pioneer. Ambil belokan tersebut, lanjutkan perjalanan di jalan tersebut luruuuuuuuuuuuuuuuuuus terus kurang lebih 1.8 kilometer sampai habis jalan aspal, dan Anda menemui jalan bebatuan dan tanah. Ada baiknya Anda tidak menggunakan kendaraan roda empat, mengingat jalan bebatuan hanya cukup dan mampu dilalui oleh kendaraan roda dua. Terakhir, ikuti jalan bebatuan dan paving tersebut, kurang lebih 200 meter dan Anda sudah sampai di Sumber Sirah. Selamat menikmati!

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan disana? Take a walk, see around, take photographs, and swim with those cute neon fish! Subhanallah, hamparan sawah begitu indah, lupakan sejenak kepenatan kehidupan kota untuk menikmati indahnya alam ciptaan Allah. Kedua, siapkan peralatan renang atau snorkel Anda. Jangan lupakan cantiknya taman bawah air sungai yang begitu indah lengkap dengan ikan-ikan yang begitu cantik di antara tumbuhan air yang ada. Terakhir, kalau Anda suka fotografi ataupun videografi bawah air, Sumber Sirah adalah tempat yang sayang untuk dilewatkan. Satu yang tidak boleh dilupakan, jaga dan lestarikan keindahannya ya. ;)

Leave a Reply