Ilustrasi (dari http://1cak.com/1252135)

Programmer: Tukang Kode

Perkenalkan, nama kami programmer. Pekerjaan kami programming. Dolanan kami pun komputer. Komik dari 1cak di atas menjadi inspirasi tulisan kali ini.

Pekerjaan kami memang mungkin berbeda dengan berbagai pekerjaan kantoran / lapangan pada umumnya. Pekerjaan kami fleksibel, baik secara jam kerja maupun tempat kerja. Pekerjaan kami juga tidak fleksibel, jika itu menyangkut deadline dan fungsional program.

Berbagai program yang sudah biasa kita nikmati sehari-hari, baik berupa aplikasi web, desktop, maupun aplikasi mobile, merupakan hasil kerja dari para tukang kode. Lalu berapa jumlah kode yang harus ditulis oleh para tukang kode? Ribuan. Hanya untuk satu halaman website ini, ada ribuan baris kode yang harus dituliskan. Sedangkan, sebuah program pada umumnya terdiri dari puluhan halaman yang harus bekerja dengan baik. Jadi, berapa banyak baris, bait, dan syair kode yang harus dituliskan? ;-)

Itulah mengapa, teman-teman kami para tukang kode seringkali menghabiskan waktu seharian di depan komputer: beralih dari satu halaman browser ke halaman yang lain, beralih dari satu program ke program yang lain. Memang terkadang seringkali kami terlihat sedang browsing membaca artikel di internet. Ini bukan berarti kami membuang waktu untuk browsing tanpa alasan, melainkan kami sedang mencari referensi penulisan kode program demi menghasilkan aplikasi yang bekerja dengan baik. Atau kadang Anda melihat kami beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya -yang Anda pun tidak tahu aplikasi tersebut-. Ini pun bukan berarti kami sedang dolanan, mungkin kami sedang merancang atau mengimplementasikan kode program. ;-)

Kami memang bersenang-senang dengan komputer, bukan semata hanya untuk kesenangan kami, tapi memang itulah pekerjaan kami.

 

 

 

Leave a Reply