programmer_definition_by_tradingviajars-d4r843n

Programmer Bukan Seperti Yang Anda Bayangkan

Tulisan saya kali ini terinspirasi dari blog Macleod Sawyer yang ternyata dia juga terinspirasi dari salah satu question di Quora. Si penanya bertanya “What are some things that programmers and computer scientists know, but most people don’t?” yang kurang lebih artinya “Apa saja yang diketahui oleh para programmer dan computer scientist, yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang lainnya?” Jawaban yang diberikan pun bermacam-macam.

Salah satu yang menarik adalah jawaban dari Casey Patton, “Programming is thinking, not typing”.

Benar saja, mungkin Anda seringkali melihat kami menatap layar hitam kelam sambil mengetik ribuan baris kode yang tidak Anda pahami. Sekali lagi, kami bukan sedang mengetik. Kami justru sedang berpikir, kemudian menuliskannya sebagai ribuan baris kode. Kami membutuhkan suasana yang nyaman untuk berpikir. Kami membutuhkan pikiran yang relax, sehingga kami dapat berpikir dengan jernih dan menghasilkan software yang diinginkan. Keahlian kami dalam mengetik pun bukan karena kami belajar mengetik, melainkan karena kami terbiasa mengetikkan apa yang ada di dalam pikiran kami. Intinya, programming itu terntang berpikir mengenai logika dan algoritma yang tepat untuk digunakan sebagai pemecahan permasalahan yang ada.

Kedua, jawaban dari Ritesh Kumar Gupta, “A programmer is not a PC repair man”. Ini penting untuk juga digaris-bawahi. :D

Jujur saja, kami, seringkali diminta atau sekedar ditanya oleh kerabat untuk menyelesaikan permasalahan dengan komputer mereka, software maupun hardware. Di saat itu pula, saya kadang merasa serba salah. Bukannya kami tidak mau membantu, atau kurang mau berusaha menyelesaikan permasalahannya, tapi memang itu bukan keahlian kami. Kami memang memiliki kemampuan untuk menuliskan kode dan membuat aplikasi untuk Anda, tapi kami bukanlah seorang repair man. Kami tahu sedikit banyak tentang komputer dan bagaimana komputer bekerja, tapi bukan berarti kami tahu kenapa laptop Anda overheating. Kami juga mungkin punya keahlian untuk membuat berbagai perangkat lunak yang Anda butuhkan, tapi bukan berarti kami tahu kenapa komputer Anda sering macet dan lemot. Kami pun juga dapat me-review software yang kami buat dan menyelesaikan permasalahannya, tapi bukan berarti kami tahu cara menyelesaikan masalah di software buatan orang lain. Paling-paling, kami hanya bisa melakukan langkah troubleshooting biasa, ditambah dengan keahlian kami dalam googling di internet.

Pada dasarnya, setiap hardware komputer itu unik. Pun juga setiap software, bahkan komputer Anda sekalipun unik. Dua komputer dengan tipe yang sama persis sekalipun, ketika mereka digunakan oleh dua orang berbeda, tentunya akan mendapatkan perlakuan berbeda, dan akan mempunyai masalah yang berbeda. Ketika Anda menanyakan kepada kami-yang Anda anggap jago komputer- tentang masalah komputer Anda, kami pun tidak dapat membantu banyak, terlebih kami tidak tahu apa yang Anda lakukan terhadapnya, kondisi hardware, berbagai software yang sudah Anda install, dan sebagainya. Akan lebih menjadi masalah ketika Anda pun bahkan tidak tahu bagaimana Anda menggunakan komputer tersebut hingga masalah tersebut muncul.

Sekali lagi, kami bukan seperti yang Anda bayangkan. Kami hanyalah manusia biasa yang berkeahlian dalam membuat software untuk Anda, bukan seorang PC repair man, bukan juga manusia serbabisa yang bisa menyelesaikan permasalahan di komputer Anda. Kami pun akan selalu berusaha membantu Anda, tapi bukan berarti kami mampu menyelesaikannya. ;)

Leave a Reply