Senjata Rahasia: Perintah ‘grep’

Kali ini saya ingin berbagi tentang productivity tool yang biasa saya gunakan untuk melakukan debugging, maintenance, ataupun development dengan memanfaatkan perintah grep. Tips ini berguna terutama pada development environment yang mana saya belum terbiasa dengannya, misalnya ketika saya harus bekerja dengan framework baru, atau bahasa pemrograman baru, sedangkan saya membutuhkan penyelesaian yang cepat. Tips ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencari snippet kecil dalam source code sehingga Anda akan lebih mudah untuk menemukan dan mengeditnya.

Perintah grep pada dasarnya digunakan untuk mencari suatu string yang terdapat di suatu stream, file ataupun direktori. Perintahnya pun sederhana dan bekerja dengan cepat. Ibaratnya, perintah grep ini dapat dimanfaatkan untuk mencari jarum dalam tumpukan jerami dengan mudah.

Contoh pertama yang paling sederhana, Anda dapat menggunakan perintah grep untuk mencari suatu string dari suatu file dengan perintah sebagai berikut:
grep "string_yang_dicari" namafile.ext
Screenshot_2015-12-04_20-52-54

Kemudian, untuk meningkatkan visibilitas dari string yang dicari, Anda dapat memanfaatkan parameter –color untuk memberikan warna pada hasil perintah grep. Contohnya:
grep "string_yang_dicari" namafile.ext --color
Screenshot_2015-12-04_21-07-50

grep juga dapat Anda gunakan untuk mencari string tanpa memperhatikan case. Artinya, string “echo” dan “EcHo” akan dianggap sama dalam proses pencarian. Anda cukup menambahkan parameter “-i” pada perintah grep:
grep "string_yang_dicari" namafile.ext --color -i
Screenshot_2015-12-04_21-08-33

Satu lagi, grep juga dapat digunakan untuk mencari string dari sekumpulan file yang terdapat pada suatu direktori secara rekursif. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menambahkan parameter “-r” tanpa memberikan parameter file tujuan:
grep "string_yang_dicari" --color -i -r

Terakhir, grep juga dapat digunakan untuk pipelining dari output suatu perintah. grep juga dapat digunakan dengan berbagai parameter lainnya, termasuk juga menggunakan regular expression. Untuk lebih jelasnya, silakan mengacu pada manual dari perintah ini dengan mengeksekusi perintah man grep. Semoga membantu ;-)

Leave a Reply