egg-100165_640

Mengetahui Telur Baik atau Busuk dengan Cara Ini

Telur seringkali menjadi bahan makanan yang wajib ada di rumah. Masalahnya, kita terkadang ragu apakah telur persediaan di rumah masih dalam kondisi baik atau justru sudah mulai tidak layak untuk dikonsumsi. Dari WikiHow, ada tiga cara mengetahui kondisi telur yang mudah kita lakukan di rumah.

Cara pertama, cek dengan menenggelamkannya di dalam air. Cukup masukkan telur ke dalam air setinggi kurang lebih dua kali tinggi telur, lalu amati apakah telur tenggelam, atau mulai terangkat mengambang. Apabila telur dalam kondisi baik, telur akan tetap berada di dasar air. Bila telur berdiri seimbang di dasar air dengan bertumpu pada salah satu ujung yang lebih kecil, artinya telur Anda berumur sekitar tiga minggu. Tapi, jangan konsumsi telur yang mengambang dan terangkat ke permukaan, karena ini adalah pertanda bahwa telur Anda sudah mulai membusuk.

Cara kedua, cek dengan mendengarkan suara kocokan telur di samping telinga. Goyangkan perlahan telur di samping telinga Anda. Apabila Anda tidak mendengar suara kocokan dari dalam telur, artinya telur Anda masih baik untuk dikonsumsi.

Ketiga, cek dengan memecahkan telur. Pecahkan telur dan letakkan pada permukaan yang datar sehingga mudah untuk diamati, seperti piring. Jika kuning telur masih berbentuk bulat dan putih telur masih melekat disekitarnya, artinya telur Anda masih dalam kondisi segar. Ketika putih telur sudah mulai transparan tetapi masih melekat pada kuning telur, itu berarti telur Anda sudah mulai tua tetapi masih layak untuk dikonsumsi. Terakhir, apabila kuning telur sudah memipih atau mungkin langsung pecah ketika dituang, dan putih telur sudah encer dan transparan seperti air, ini menunjukkan bahwa telur sudah tidak dalam kondisi baik.

Semoga mencerahkan. ;)

Leave a Reply