“Kapan Lagi Kutulis Untukmu” – Membangkitkan Semangat


Salam.

Sahabat yang lama tak bersua, lagu lama dari Jikustik sedikit banyak cocok untuk pembuka tulisan ini. “Kapan lagi kutulis untukmu?”. Ada sedikit cerita -yang entah menarik atau tidak untuk dibaca- mengenai blog ini.

Kalau kawan-kawan mau kembali ke masa lalu, bisa dilihat disini https://web.archive.org/web/20130303044438/http://adityaputra.com/. Itu adalah wajah pertama dari domain ini. Tadinya, domain ini juga ingin saya manfaatkan untuk kembali berbagi kebaikan dengan menulis blog. Tapi, -yah entah mengapa- tidak satupun coretan tangan saya yang tertulis di domain ini, sampai hari ini. Meskipun, kalau kawan-kawan mau telusuri di google, ada satu domain .id yang saya miliki yang masih online -meskipun tidak aktif- yang berisi cukup banyak tulisan saya.

Hari ini pun saya terkesan sedikit “terpaksa” untuk me-remake situs pribadi ini. Bukan mengapa, tapi coba dilirik disini: https://web.archive.org/web/20141216191628/http://adityaputra.com/, itu adalah wajah terakhir domain ini sebelum “terpaksa” berubah. Keterpaksaan ini berawal dari keterlambatan membayar paket hosting (cukup memalukan? :D ) sehingga hosting yang saya gunakan di-terminate tanpa notifikasi. Memang, sejak punya hosting VPS baru, saya jadi beberapa kali terlambat membayar hosting yang saya gunakan untuk domain ini.

Dengan segala kondisi itu, akhirnya, yah sudahlah. Saya mulai kembali domain ini, dengan mencoba membangkitkan semangat kembali untuk berbagi kebaikan, atau setidaknya hanya untuk berbagi curhatan. ;)

Konklusinya, hal-hal yang dapat dipetik dari peristiwa ini adalah, pertama, jangan terlambat bayar tagihan hosting atau tagihan apapun karena itu adalah tanggung jawab kita. Kedua, ikhlas itu penting. Apa yang bisa saya lakukan selain ikhlas ketika tahu bahwa data saya di hosting sebelah kemarin tidak dapat di-restore, termasuk beberapa sub domain dan domain downline saya? Ketiga, di balik masalah pasti ada hikmah. Semoga masalah ini dapat kembali membangkitkan semangat menulis secara istiqomah.

Salam. ;)

Leave a Reply