Catatan Kecil untuk Pengguna Teknologi

Kita, katanya, hidup di jaman modern. Setidaknya memang kita hidup di jaman yang lebih modern dari para pendahulu kita.
Kata orang, kita yang merupakan manusia modern sudah terbiasa hidup dengan komputer, smartphone, internet, dan berbagai macam aplikasi. Nah, masalahnya, apakah kita sudah benar-benar ‘mengerti’ mereka? Memang, mereka hanyalah alat untuk mempermudah pekerjaan kita. Dengan komputerlah kita terbantu menyelesaikan pekerjaan, berinteraksi dengan relasi, bahkan menghibur diri!

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa mereka adalah buatan manusia yang sama seperti Anda. Komputer, smartphone, software, apapun. Mereka juga peralatan yang mempunyai batasan tertentu. Mereka perlu dirawat agar dapat bekerja dengan baik. Mereka juga terkadang “sakit” sehingga perlu disembuhkan. Dan terakhir, akan ada masa dimana mereka pun harus pensiun dan mengakhiri tugasnya.
Sebenarnya bukan itu masalahnya. Yang jadi adalah bahwa kita belum menjadi pengguna yang bijak. Wong komputer asal colok ke listrik yang tegangannya naik turun. Wong kita biasa install software cuma klik “next” aja. Wong kita selalu pencet tombol close, ok, atau cancel sesuka hati pada setiap kotak dialog yang muncul. Dan masih banyak wong wong lainnya….

Kawan, komputer itu dibuat dari rangkaian kompleks elektronika yang luar biasa. Software pun dibuat dari ribuan bahkan jutaan baris kode yang tak kalah kompleksnya. Lha kalo si pengguna cuma pencet tombol sesuka hatinya pada setiap dialog box yang muncul, lalu apa artinya? Ending-nya, mereka bilang bahwa komputernya rusak, atau software-nya jelek.

Lalu?

Leave a Reply